KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL SETARA PISA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN
Keywords:
Kemampuan Berpikir Kritis, Soal Setara PISA, Tipe KepribadianAbstract
Era revolusi industri 4.0 menuntut siswa untuk memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi, salah satunya yaitu kemampuan berpikir kritis. Kemampuan berpikir kritis sangat berpengaruh terhadap proses berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah. Namun, fakta menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa Indonesia masih sangat rendah. Selain itu, kemampuan berpikir kritis dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain tipe kepribadian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal setara Programme for International Student Assessment (PISA) ditinjau dari tipe kepribadian. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di SMPN 6 Banda Aceh. Subjek penelitian ini dijaring melalui pemberian angket kepribadian Myers Briggs Type Indicator (MBTI) dan Eysenck Personality Inventory (EPI) kepada 100 siswa untuk dikategorikan berdasarkan tipe kepribadian yang diteliti, yaitu introvert dan ekstrovert. Berdasarkan skor tertinggi dari hasil angket kepribadian, pengamatan, serta rekomendasi dari ahli psikologi, terpilih dua siswa berkepribadian introvert dan dua siswa berkepribadian ekstrovert. Kemudian, keempat subjek penelitian tersebut diberikan soal-soal setara PISA sebagai instrumen peneliti untuk menggali data proses berpikir kritis siswa ketika dilakukan wawancara. Data dianalisis dengan cara meduksi data, menyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa berkepribadian introvert dalam menyelesaikan soal-soal setara PISA lebih baik dibandingkan siswa berkepribadian ekstrovert. Oleh karena itu, diharapkan agar guru dapat lebih memperhatikan kelemahan yang dimiliki oleh masing-masing tipe kepribadian siswa sehingga guru dapat membantu siswa secara tepat.
References
Adilla, D. N., Zanthy, L. S., & Yuspriyati, D. N. (2020). Karakteristik kesalahan siswa smp dalam menyelesaikan soal pada materi lingkaran. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(1), 35-46.
Aghajani, M., & Gholamrezapour, E. (2019). Critical Thinking Skills, Critical Reading and Foreign Language Reading Anxiety in Iran Context. International Journal of Instruction, 12(4), 219–238. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12414a
Anwar, I. Y., Irawan, E. B., & As’ari, A. R. (2017). Investigation of contingency patterns of teachers’ scaffolding in teaching and learning mathematics. Journal on Mathematics Education, 8(1), 65-76.
Aprihatun, N. W. (2018). Deskripsi Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Negeri 1 Bobotsari Ditinjau dari Tipe Kepribadian Ekstrovert dan Introvert (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammdiyah Purwokerto).
Arini, Z. (2016). Profil Kemampuan Penalaran Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah
Matematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian Extrovert dan Introvert. MATHEdunesa, 5(2).
Arisoy, B., & Aybek, B. (2021). The Effects of Subject-Based Critical Thinking Education in Mathematics on Students' Critical Thinking Skills and Virtues. Eurasian Journal of Educational Research, 92, 99-119.
Basri, H., Purwanto, As’ari, A. R., & Sisworo. (2019). Investigating critical thinking skill of junior high school in solving mathematical problem. International Journal of Instruction,12(3), 745–758. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12345a
Charmila, N., Zulkardi, Z., & Darmawijoyo, D. (2016). Pengembangan soal matematika model PISA menggunakan Konteks Jambi. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 2(20), 198–207.
Elmarfia, B. (2019). Analisis proses berpikir siswa dalam memecahkan masalah matematika menggunakan kemampuan berpikir tingkat tinggi ditinjau dari tipe kepribadian ekstrovert dan introvert (Doctoral dissertation, Universitas Katolik Widya Mandala Madiun).
Fauzi, A., & Abidin, Z. (2019). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Tipe Kepribadian Thinking-Feeling Dalam Menyelesaikan Soal PISA. Suska Journal of Mathematics Education, 1(5), 1–8.
Fitriana, L. D., Fuad, Y., & Ekawati, R. (2018). Student’s Critical Thinking in Solving Open-Ended Problems Based on Their Personality Type. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 947, No. 1, p. 012007). IOP Publishing.
Fristiane, V. (2018). Profil Kemampuan Siswa Memecahkan Masalah Aljabar Menurut Polya ditinjau dari Perbedaan Kepribadian Extrovert dan Introvert.
Hatadi, H., & Kamarudin, M. (2021). Kemampuan Penalaran Matematika Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika (JIPM), 2(2), 89-97.
Himawan, R. F., & Sulaiman, R. (2021). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika menurut teori polya ditinjau berdasarkan kecemasan matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Volume, 10(1).
Juliansa, M. F., & Kartinah, K. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas X dalam Mengerjakan Soal Cerita pada Siswa Tipe Kepribadian Ekstrovertt dan Introvert. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 133–137.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2019). Laporan Hasil Ujian Nasional. Retrieved from:https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/#2018-
2019!smp!capaian_nasional!99&99&999!T&T&T&N&1&!1!&
Kumalasari, W. (2017). Profil Pemecahan Masalah Siswa dalam Membuktikan Identitas Trigonometri Ditinjau dari Tipe Kepribadian Extrovert dan Introvert (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).
Kusaeri, K., & Aditomo, A. (2019). Pedagogical beliefs about critical thinking among Indonesian mathematics pre-service teachers. International Journal of Instruction, 1(12), 573–590.
Mawaddah, A., Anwar, Yusrizal, & Zubainur, C. M. (2021, May). The impact of students’ personality types on the application of problem-solving strategies in solving PISA questions. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1882, No. 1, p. 012062). IOP Publishing.
Megasari, (2020). Deskripsi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Tipe Kepribadian Ekstrovert dan Introvert dalam Pemecahan Masalah Matematika Materi Himpunan Di Kelas VIII SMP (Doctoral dissertation).
OECD. (2019). PISA 2019 Result. Retrieved from https://www.oecd.org/pisa/publications/pisa-2018-results.html
Pangestu, N. S., & Yunianta, T. N. H. (2019). Proses Berpikir Kreatif Matematis Siswa Extrovert dan Introvert SMP Kelas VIII Berdasarkan Tahapan Wallas. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(8), 215–226.
Pasari, B. (2020). Penalaran Deduktif Matematis Siswa Kelas VII pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Ditinjau dari Tipe Kepribadian Extrovert Introvert di MTsN 1 Blitar.
Pratiwi, W. (2017). Profil pemecahan masalah matematika kontekstual siswa SMP ditinjau dari tipe kepribadian ekstrovert dan introvert. MATHEdunesa, 6(2).
Putri, W. A., & Masriyah, M. (2020). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP pada Materi Segiempat Ditinjau dari Tipe Kepribadian Ekstrovert-Introvert. MATHEdunesa,9(2), 392-401.
Ridho, S., Ruwiyatun, R., Subali, B., & Marwoto, P. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pokok Bahasan Klasifikasi Materi dan Perubahannya. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 10-15.
Utami, W. S. (2020). Proses berpikir siswa kelas VII dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari tipe kepribadian dan gender di SMP Negeri 2 Malang. SKRIPSI Mahasiswa UM.
Qizi, R. D. T., & Qizi, M. F. M. (2021). Developing the critical thinking of primary school students. ACADEMICIA: An International Multidisciplinary Research Journal, 11(10), 769-772.
Zeichner, O. (2019). The Relationship Between Extrovert/Introvertt Attributes and Feedback on Students’ Achievements. International Journal of Distance Education Technologies (IJDET), 17(2), 1–17.