GERAKAN LITERASI SEKOLAH SUSTAINED SILENT READING TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA SD NEGERI 14 BANDA ACEH
Keywords:
Gerakan Literasi Sekolah, Sustained Silent Reading, Membaca PemahamanAbstract
Literasi mengacu pada kemampuan dan keterampilan seseorang untuk memahami, mengolah, dan menggunakan informasi yang diterima dalam berbagai konteks. Literasi merupakan keterampilan yang sangat dibutuhkan oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan bagaimana pelaksanaan gerakan literasi sekolah melalui sustained silent reading dan bagaimana dampak dari gerakan literasi sekolah ini terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa, khususnya bagi siswa kelas 5 SD Negeri 14 Banda Aceh. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif serta jenis penelitian deskriptif. Penelitian dilakukan terhadap 28 siswa di SD Negeri 14 Banda Aceh. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan tes membaca pemahaman. Hasil analisis data menunjukkan bahwa gerakan sustained silent reading diterapkan secara rutin di SD Negeri 14 Banda Aceh dimana siswa diberikan waktu khusus selama kurang lebih 15 menit untuk membaca tanpa mengeraskan suara. Gerakan ini diterapkan dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan atau kemampuan membaca siswa. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa dampak dari gerakan ini berdampak positif terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa.
References
Arikunto, Suharsimi. (2010). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT.BumiAksara.
Bukhari. 2012. Keterampilan Berbahasa Membaca Dan Menulis. Banda Aceh: Yayasan Pena Banda Aceh.
Dafit F, Ramadan HZ. (2020). Pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu Volume 4 (4), 1429 – 1437.
Gardiner, Steve. (2005). Building Student Literacy Through Sustained Silent Reading. United States Of America : Association For Supervision and Curriculum Development.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Buku Saku: Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Munawaroh, Nofingatun. (2017). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Sustained Silent Reading (SSR) Di Kelas V Sd Negeri Serang Pengasih Kabupaten Kulon Progo. [Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta], Yogyakarta.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti (PBP).
Robbins, S. (2008). Perilaku Organisasi, Jilid I dan II, alih Bahasa: Hadyana Pujaatmaja. Jakarta: Prenhallindo.
Saddhono, Kundharu dan Slamet. (2014). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia Teori Dan Aplikasi Edisi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Utama Faizah, dkk. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta: