PEMANFAATAN BARANG BEKAS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA MATERI VIRUS DI MAN IDI RAYEK

PEMANFAATAN BARANG BEKAS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA MATERI VIRUS DI MAN IDI RAYEK

Authors

  • Ajirni Ajirni Program studi Pendidikan Biologi Universitas Samudra
  • Indriaty Indriaty Program studi Pendidikan Biologi Universitas Samudra
  • Ayu Wahyuni Program studi Pendidikan Biologi Universitas Samudra

Keywords:

Alat Peraga, Media Gambar, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana pengaruh pemanfaatan media sederhana berbahan barang bekas terhadap aktivitas dan hasil belajar biologi siswa MAN Idi Rayeuk pada materi mikroorganisme yaitu Virus. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu menggunakan  rancangan  non-equivalent pretes-postes control grup design. Populasi penelitian adalah siswa kelas X MAN Idi Rayeuk sebanyak 62 orang yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data yang diperoleh meliputi data aktivitas belajar dan hasil belajar. Instrumen penelitian ini berupa lembar observasi aktivitas belajar dan tes hasil belajar dari siswa. Data aktivitas belajar dalam persentase, dan data hasil belajar dilakukan pengujian dengan  uji t student. Hasil penelitian, pertama aktivitas belajar siswa menggunakan alat peraga sederhana adalah baik sebesar 74,5% sedangkan penggunaan media gambar adalah cukup sebesar 56,5%. Kedua, adanya perbedaan signifikan hasil belajar pada kelas eksperimen yang menggunakan alat peraga sederhana berbahan barang bekas dan kelas kontrol menggunakan media gambar dengan prolehan t hitung = 5,69 >  t tabel = 2,66. Ketiga, rerata hasil belajar kelas ekserimen menggunakan alat peraga sederhana yaitu 74,65 lebih uggul dibandingkan dengan rerata hasil belajar kelas kontrol menggunaan media gambar yaitu 61,10.

 

References

Aryani, Nini, and Molli Wahyuni. 2020. Teori Belajar Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Bintang Pustaka Madani.

Iwantara, I W, I W Sadia, and I K Suma. 2014. “Pengaruh Penggunaan Media Video Youtube Dalam Pembelajaran Ipa Terhadap Motivasi Belajar Dan Pemahaman Konsep Siswa.” Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha 4: 1–13.

Lisdiana, and Ummi Nur Afinni Dwi Jayanti. 2022. “Analisis Konten Pengetahuan Terkait Virus Dalam Buku Teks Biologi Sekolah Menengah Untuk Penguatan Literasi Covid-19.” Jurnal Paedagogy 9(3): 421–32.

Louten, Jennifer. 2016. “Virus Structure and Classification.” In Essential Human Virology., , 19–29.

Mustafida, Fita. 2013. “Kajian Media Pembelajaran Berdasarkan Kecenderungan Gaya Belajar Peserta Didik Sd/Mi.” Madrasah 6(1): 77–96.

Pebrianti, Febby. 2019. “Kemampuan Guru Dalam Membuat Media Pembelajaran Sederhana.” Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba): 93–98. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba.

Puspitasari, Ade Putri, Indah Anggun Mun Nia, Panisa Marliana, and Dian Anggraeni Maharbid. 2022. “Analisis Pengaruh Alat Peraga Bangun Ruang Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Di Sekolah Dasar.” Elementary Journal : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 5(2): 88–98.

Riku, Moses. 2021. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPA Pada Materi Bentuk Molekul Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Phet Simulations.” Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah 1(2): 79–87.

Sapriyah. 2019. “Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar.” In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 470–77.

Setyosari, Punaji. 2014. “Menciptakan Pembelajaran Yang Efektif Dan Berkualitas.” Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran 1(1): 20–30. http://journal2.um.ac.id/index.php/jinotep/article/view/2103.

Slameto. 2015. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rieneka Cipta.

Sugiono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suwartini, Sri. 2017. “Pendidikan Karakter Dan Pembangunan Sumber Daya Manusia Keberlanjutan.” Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an Vol. 4(1): 220–34.

Widyaningsih, Sri Wahyu, Sri Rosepda Sebayang, Irfan Yusuf, and Iriwi L S Sinon. 2023. “Pameran Alat Peraga Sederhana Pembelajaran Fisika Di SMA Negeri 3 Manokwari.” Amma Jurnal pengabdian masyarakat 2(3): 263–67.

Wulandari, Amelia Putri et al. 2023. “Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar.” Journal on Education 5(2): 3928–36.

Downloads

Published

2024-12-19
Loading...