FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEAKTIFAN IBU DALAM MENGIKUTI KELAS IBU HAMIL

Authors

  • Idawati Idawati STIKes Medika Nurul Islam
  • Yuliana Yuliana STIKes Medika Nurul Islam

Keywords:

Keaktifan ibu, Kelas ibu hamil

Abstract

Kelas ibu hamil adalah sarana untuk belajar tentang kesehatan ibu hamil melalui tatap muka dalam kelompok dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, keterampilan ibu dan keluarga mengenai kehamilan. Pada kenyataannya tidak semua ibu hamil merminat untuk mengikuti kelas ibu hamil. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keaktifan ibu dalam mengikuti kelas ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas Kabupaten Pidie Tahun 2022. Penelitian ini bersifat analitis, dengan populasi  seluruh ibu hamil yang ada di wilayah kerja Puskesmas Pidie. Tehnik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan accidental sampling. Analisa data dilakukan dengan menggunakan uji univariat dan bivariat dengan taraf signifikan 95%. Hasil penelitian didapat bahwa ada pengaruh tingkat pengetahuan terhadap keaktifan ibu dalam mengikuti kelas ibu hamil (p value = 0,001), ada pengaruh dukungan keluarga terhadap keaktifan ibu dalam mengikuti kelas ibu hamil (p value = 0,013), ada pengaruh pendidikan terhadap keaktifan ibu dalam mengikuti kelas ibu hamil (p value = 0,003), ada pengaruh umur terhadap keaktifan ibu dalam mengikuti kelas ibu hamil (p value = 0,003), ada pengaruh sikap terhadap keaktifan ibu dalam mengikuti kelas ibu hamil (p value = 0,006), dan ada pengaruh motivasi terhadap keaktifan ibu dalam mengikuti kelas ibu hamil (p value = 0,006).

References

Asriwati & Irawati. (2019). Buku Ajar Antropologi Kesehatan dalam Keperawatan. Yogyakarta: Deepublish.

Astuti. (2016). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Keikutsertaan Mengikuti Kelas Ibu Hamil Di Puskesmas Candiroto Kabupaten Temanggung.

Azwar, S. (2009). Sikap Manusia, Teori dan pengukurannya. Edisi ke-2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dinkes Aceh. (2018). Profil Kesehatan Aceh. Banda Aceh. Dinas Kesehatan Provinsi Aceh.

Depdiknas. (2009). Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta.

Depkes. (2009). Riset Kesehatan Dasar Tahun 2009. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI.

Hanau, dkk. (2017). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Keaktifan Kunjungan Ibu Hamil Di Puskesmas Lambunu 1 Kabupaten Parigi Moutong. Universitas Muhammadiyah Palu.

Hamdiyah. 2017. Motivasi Ibu Mengikuti Kelas Ibu Hamil di Puskesmas Bilokka Kecamatan Panca Lautang Kabupaten Sidenreng Rappang tahun 2017

Harnilawati. (2013). Konsep dan Proses Keperawatan Keluarga. Sulsel: Pustaka As Salam.

Kemenkes RI. (2014). Pedoman Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil. Jakarta: Kementerian RI.

Khafidzoh, A, dkk. (2016). Hubungan Keikutsertaan Kelas Ibu Hamil Dengan Perilaku Ibu Dalam Perawatan Masa Nifas (Studi di Puskesmas Cepiring Kabupaten Kendal).

Lisma. (2021). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Keikutsertaan Kelas Ibu Hamil Di Klinik Bidan Wanti.

Lestari. (2018). Hubungan Antara Tingkat Pendidikan, Pengetahuan Tentang Kesehatan Lingkungan, Perilaku Hidup Sehat Dengan Status Kesehatan

Mikkelsen. (2009). Metode Penelitian Partisipatoris dan Upaya- Upaya Pemberdayaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia

Mubarak, W. (2011). Promosi Kesehatan Untuk Kebidanan. Jakarta: Salembe Medika

Notoatmodjo, S. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nursalam. (2015). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis Edisi 3. Jakarta: Penerbit Salemba Medika.

Purnama. 2019. Faktor Yang Memengaruhi Keikutsertaan Ibu Mengikuti Kelas Ibu Hamil Di Puskesmas Hutarakyat Kabupaten Dairi Tahun 2019.

Robert, A. (2009). Buku Pintar Pekerja Sosial-Jilid 2. Jakarta: Gunung Mulia.

Saiful, Bahri. (2018). Pengaruh Kepemimpinan, Lingkungan

Sumardiono. (2009). Homeschooling A Leap for Better Learning. Jakarta: PT. Alex Media Komputindo.

Swarjana. (2022). Konsep Pengetahuan, Sikap, Perilaku, Persepsi, Stres, Kecemasan, Nyeri, Dukungan Sosial, Kepatuhan, Motivasi, Kepuasan, Pandemi Covid-19, Akses Layanan Kesehatan- Lengkap dengan Teori, Cara Mengukur Variabel dan Contoh Dengan Persiapan Menghadapi Persalinan Di Wilayah Kerja Puskesmas Karanganom Klaten

Yuditia. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Ibu Hamil Dalam Mengikuti Kegiatan Kelas Ibu Hamil Di Wilayah Kerja Puskesmas Tanjung Sengkuang.

Yuliantika. (2016). Faktor Yang Berhubungan Dengan Partisipasi Ibu Hamil Risiko Tinggi Dalam Mengikuti Program Kelas Ibu Hamil Di Wilayah Kerja Puskesmas Sukolilo.

Santosa, G. (2019). Kesehatan Olahraga dan Kinerja. Bumi Medika. Jakarta.

Sasnitiari.(2017).Hubungan Keikutsertaan Ibu Dalam Kelas Ibu Hamil Dengan Pengetahuan Dan Sikap Terhadap Tanda Bahaya Dalam Kehamilan Di Kota Bogor. Politeknik Kesehatan Kemenkes Bandung. STIKes YPIB Majalengka.

Septiani. 2013. Pengetahuan, Sikap Ibu Hamil dan Dukungan Suami Dengan Keikutsertaan Ibu Hamil Dalam Kelas Ibu Hamil di Puskesmas Kota Metro Lampung.

Silitonga. (2020). Peningkatan Kinerja SDM Melalui Motivasi, Kepemimpinan, Komitmen dan Lingkungan Kerja. Penebar Media Pustaka. Yogyakarta.

Sitorus, S.D. (2020). Pengaruh Komunikasi Antar Pribadi Pimpinan Terhadap Motivasi Kerja. Scopindo Media Pustaka. Surabaya.

Sudarma. (2021). Statistik Kesehatan : Teori dan Aplikasi. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.

Wahyuningsih. (2019). Hubungan Keikutsertaan Ibu Hamil Dalam Mengikuti Kelas Ibu Hamil

WHO. (2019). Maternal mortality key fact. https://www.who.int/news- room/fact-sheet/detail/maternal-mortality

Wulandari. (2016). Hubungan Keaktifan Ibu Datang Ke Kelas Ibu Hamil Dengan Pengetahuan Ibu Dalam Deteksi Dini Bahaya Kehamilan Di Wilayah Kerja Puskesmas Tembelang. Stikes Bahrul ‘Ulum Jombang, Jawa Timur.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Idawati, I., & Yuliana, Y. (2024). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEAKTIFAN IBU DALAM MENGIKUTI KELAS IBU HAMIL. Aceh Health Sciences Journal, 1(1), 48–61. Retrieved from https://jurnal.lldikti13.id/index.php/ahsj/article/view/6

Issue

Section

Articles