ANALISIS TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS DESA BATUAH MENGGUNAKAN METODE FUZZY SERVICE QUALITY
Keywords:
Fuzzy Service Quality, Puskesmas Desa Batuah, Pelayanan KesehatanAbstract
Puskesmas Desa Batuah memerlukan informasi mengenai tingkat kepuasan pasien (masyarakat) terhadap pelayanan kesehatan di puskesmas. Salah satu caranya dapat diperoleh informasi tersebut dengan metode Fuzzy Service Quality. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada pihak puskesmas dalam mengetahui dan mengukur tingkat kepuasan masyarakat Desa Batuah terhadap pelayanan kesehatan dengan menggunakan metode Fuzzy Service Quality. Hasil dari penelitian ini tentang analisis kepuasan pelanggan terhadap pelayanan puskesmas yang diterapkan dengan metode Fuzzy Service Quality dan menunjukkan hasil bahwa pelayanan yang diberikan oleh pihak puskesmas belum memberikan kepuasan bagi masyarakat yang dibuktikan dengan hasil nilai kesenjangan (GAP) terbesar yang diperoleh pada atribut Tangibles 7 (T7) “Puskesmas memiliki persediaan obat yang dibutuhkan pasien” sebesar -4.67. Urutan kedua adalah atribut reabilitas 9 (R9) “Masalah kesehatan anda dapat tertangani dengan baik di puskesmas” sebesar -3.67. Layanan pada atribut dan dimensi inilah yang perlu ditingkatkan oleh pihak Puskesmas Desa Batuah. Hasil penilaian dengan metode Fuzzy Service Quality menunjukkan bahwa dari keseluruhan 20 atribut pada pengunjung Puskesmas Desa Batuah yang diberikan masih belum dapat memenuhi harapan di mana nilai kepuasan/persepsi terhadap layanan puskesmas masih rendah daripada nilai kepentingan/harapan pengunjung puskesmas.