SISTEM INFORMASI PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) PADA SMA NEGERI 9 BANDA ACEH
Abstract
ABSTRAK
Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) merupakan kegiatan tahunan yang sangat penting bagi setiap satuan pendidikan, termasuk di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA). Di SMA Negeri 9 Kota Banda Aceh, proses PPDB selama ini masih dilakukan secara manual, yaitu dengan mencatat data pendaftar secara tertulis atau menggunakan dokumen digital sederhana seperti spreadsheet. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah sistem informasi PPDB berbasis web yang dapat membantu mempercepat proses pendaftaran dan pengelolaan data secara elektronik. Sistem ini dibangun menggunakan model pengembangan perangkat lunak waterfall, yang terdiri dari lima tahapan utama analisis kebutuhan, perancangan sistem, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. Pemilihan metode waterfall didasarkan pada kebutuhan proses yang terstruktur dan sistematis dalam pembangunan sistem berskala kecil hingga menengah. Dalam pengembangan sistem, digunakan bahasa pemograman Hypertext Preprocessor (PHP) sebagai antarmuka logika aplikasi dan MySQL. Sistem informasi ini dirancang berbasis web sehingga dapat diakses oleh pengguna dari berbagai lokasi dan perangkat dengan koneksi internet. Fitur-fitur utama dalam sistem meliputi formulir pendaftaran online, unggah dokumen persyaratan, notifikasi status pendaftaran, panel admin untuk verifikasi data, serta laporan rekapitulasi pendaftar. Hasil dari pengembangan menunjukkan bahwa sistem informasi PPDB online ini mampu mengurangi beban administratif panitia secara signifikan, meningkatkan kecepatan pengolahan data, dan memperluas jangkauan layanan pendaftaran. Dengan hadirnya sistem ini, SMA Negeri 9 Kota Banda Aceh diharapkan dapat menjalankan proses PPDB secara lebih efisien, transparan, dan akuntabel. Selain itu, sistem ini juga membuka peluang integrasi dengan sistem pendidikan lainnya.
Kata Kunci: Sistem informasi, PPDB Online, Mysql, Efisiensi Proses Pendaftaran
References
Afifah, N., & Rahmat, A. (2023). Evaluasi Kebijakan Sistem Zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tingkat SMA. Jurnal Manajemen Pendidikan, 11(2), 123-135.
Antoso, B., & Wulandari, T. (2024). Efektivitas Kebijakan Zonasi Murni Terhadap Pemerataan Kualitas Sekolah: Studi Kasus di Tiga Kota Metropolitan. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 12(1), 45-60.
Dennis, A., Wixom, B. H., & Tegarden, D. (2024). Systems Analysis and Design with UML (6th ed.). Wiley.
Hidayat, R., & Abdullah, F. (2022). Problematika Implementasi Kebijakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Sistem Zonasi pada Sekolah Menengah Atas di Kota-kota Besar. Jurnal Kebijakan Pendidikan Indonesia, 6(1), 45-58.
Pratama, Y. A., & Suryani, I. (2024). Analisis Komparatif Jalur Prestasi dan Jalur Zonasi dalam Sistem PPDB SMA. EduPolitica: Jurnal Politik Pendidikan, 5(1), 78-90.
Sterman, J. D. (2023). Business Dynamics: Systems Thinking and Modeling for a Complex World (2nd ed.). McGraw-Hill Education.
Setiawan, B., & Nugroho, A. (2023). Persepsi Orang Tua Siswa terhadap Keadilan dan Transparansi Pelaksanaan PPDB Online Tingkat SMA. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan, 10(2), 201-215.
Shneiderman, B., Plaisant, C., Cohen, M., Jacobs, S., Elmqvist, N., & Diakopoulos, N. (2023). Designing the User Interface: Strategies for Effective Human-Computer Interaction (7th ed.). Pearson.
Mulyadi, A. H. (2023). Strategi Adaptif Orang Tua dalam Menghadapi Aturan Zonasi PPDB SMA: Studi Etnografi di Pinggiran Jakarta. Jurnal Antropologi Indonesia, 44(2), 112-127.
Siregar, R., & Effendi, J. (2024). Tantangan dan Solusi Pengembangan Sistem PPDB Daring yang Andal dan Berkeadilan. Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan (JUTIP), 15(1), 88-101.
Lestari, P. D. (2023). Optimalisasi Jalur Afirmasi untuk Mereduksi Kesenjangan Akses Pendidikan bagi Siswa dari Keluarga Ekonomi Tidak Mampu di Provinsi Banten. (Tesis Magister, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung).
Laudon, K. C., & Laudon, J. P. (2025). Management Information Systems: Managing the Digital Firm (18th ed.). Pearson.
Hakim, L. N. (2022). Dilema Jalur Prestasi: Antara Apresiasi Talenta dan Potensi Ketidakadilan dalam PPDB SMA. Dalam A. Fauzi (Ed.), Politik Pendidikan di Era Digital (hlm. 155-178). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wibowo, S., & Simanjuntak, M. (2023). Implementasi PPDB di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (3T): Analisis Kesenjangan Akses dan Infrastruktur. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(2), 210-225.
Dewi, K. S., & Prasetyo, E. (2024). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Pilihan Sekolah Orang Tua pada Jenjang SMA Pasca-Implementasi Sistem Zonasi. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling, 10(1), 34-48.
Subagyo, I. (2023). Dampak Sistem PPDB Zonasi Terhadap Otonomi dan Manajemen Sekolah 'Favorit'. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Pendidikan (Vol. 5, pp. 234-245). Universitas Negeri Yogyakarta.
Firmansyah, A., & Putri, R. A. (2022). Validitas Data Kependudukan sebagai Kunci Keberhasilan PPDB Sistem Zonasi: Studi Kolaboratif antara Dinas Pendidikan dan Dinas Dukcapil. Jurnal Administrasi Publik, 10(2), 198-213.
Raharjo, S. T. (2025). Menilik Dampak Jangka Panjang: Pengaruh Sistem Zonasi PPDB terhadap Heterogenitas Sosial dan Prestasi Akademik Siswa di SMA Negeri. Jurnal Sosiologi Pendidikan, 13(1), 55-70.
Wijaya, C. (2023). Peran Pengawasan Publik dan Ombudsman dalam Mengawal Transparansi dan Akuntabilitas Pelaksanaan PPDB. Good Governance: Jurnal Kajian Pemerintahan, 19(2), 140-155.
Hidayat, R. (2022). Problematika Implementasi Kebijakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Sistem Zonasi pada Sekolah Menengah Atas di Kota-kota Besar. Jurnal Kebijakan Pendidikan Indonesia, 6(1), 45-58