ANALISIS KERUSAKAN JALAN PADA RUAS JALAN PASAR PUNTUNG – SIMPANG SEMADAM KABUPATEN ACEH TENGGARA DENGAN MENGGUNAKAN METODE BINA MARGA DAN PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI)

Authors

  • Taufik Program Studi Teknik Sipil, Universitas Gunung Leuser, Aceh Tenggara Indonesia.
  • Jetno Harja Program Studi Teknik Sipil, Universitas Gunung Leuser, Aceh Tenggara Indonesia.
  • Michel Kasaf Program Studi Teknik Sipil, Universitas Gunung Leuser, Aceh Tenggara Indonesia.

Abstract

ABSTRAK

Jalan Pasar Puntung - Simpang Semadam merupakan Jalan Provinsi dan termasuk jalan yang mengalami kerusakan jalan yang cukup parah. Sehingga diperlukan adanya analisis yang mengkaji tentang beberapa jenis kerusakan jalan tersebut serta penanganan yang sesuai dengan kerusakan jalan tersebut. Berdasarkan hasil analisis didapati jenis kerusakan yang terjadi pada ruas jalan pasar puntung - simpang semadam jika ditinjau dengan metode PCI dan bina marga memiliki presentasi kerusakan sebesar retak buaya (38,75%), retak blok (17,39%), retak pinggir (8,89%), lubang (17,49%), tambalan (12,99%), Pengausan (10,89%), dan amblas (3,59%). Penilaian kondisi jalan dengan metode PCI diperoleh rata-rata sebesar 55,523 yang termasuk kategori sedang (fair), sedangkan untuk metode bina marga diperoleh rata-rata nilai prioritas sebesar 7,2. Hasil dari keduanya memiliki jenis penanganan yang sama yaitu pemeliharaan rutin. Untuk menghindari kerusakan jalan yang semakin parah, diperlukan perhitungan rencana tebal lapis tambahan perkerasan lentur. Berdasarkan hasil jenis nomogram 3 dengan Ipt = 2,0 dan Ipo = 4 sehingga diperoleh tebal perkerasan laston AC-WC (lapis aus) tebal 7,5 cm, AC-BC (lapis antara) tebal 10 cm, dan Lapis pondasi Sirtu kelas A tebal 12 cm.

Kata kunci: Jalan, PCI, Bina Marga, Perkerasan.

References

DAFTAR PUSTAKA

Da Cunha, V. C. P. (2022). Pengaruh kinerja Kendaraan Terhadap Tingkat Kerusakan Jalan Pada Perkerasan Lentur. Crane: Civil Engineering Research Journal, 3(1), 29–35. https://doi.org/10.34010/cran v3i1.7137

Fahrizal, Y., Saputro, Y. A., & Rochmanto, D.(2022). Analisis Kepadatan Tanah Pada Akses Jalan Conveyor PLTU TJB Unit 3,4 Dengan Menggunakan Standar AASHTO T

191. Jurnal Civil Engineering Study, 02, 1–6. https://journal.unisnu.ac.id/CES

Ramadona, F. (2022). Analisis Kerusakan Jalan Pada Lapis Permukaan Dengan Metode Pavement Condition Indekx (PCI) dan Metode Bina Marga (Studi Kasus Ruas Jalan Landai Sungai Data STA 0 + 000 – STA 2 + 000) Disusun. In Braz Dent J. (Vol. 33, Issue 1).

Refi, A., Roza, A., JF, A. P., Salsabila, K. N., & Rusli, A. M. (2021). Analisa Pengaruh Beban Kendaraan Terhadap Kerusakan dan Umur Rencana Jalan (Studi Kasus Perkerasan Lentur Jalan Bypass Padang Km

18). Jurnal Ilmiah Rekayasa Sipil, 18(1), 27–40.

Rochmanto, D., & Nilamsari, M. (2021). Analisis Kerusakan Jalan Menggunakan Metode Bina Marga 1990 (Studi Kasus Jl. Jepara – Mlonggo, KM 3 + 000 s / d KM 5 + 000). 12(1), 41–48.

Rochmanto, D., Umam, K., & Fauziah, F. F. (2019). Evaluasi Geometrik Jalan Ditinjau Dari Aspek Alinyemen Horisontal Terhadap Pelebaran Tikungan Jalan Bangsri - Kelet. September, 29–35.

Rudy Santosa, Bambang Sujatmiko, & Fajar Aditya Krisna. (2021). Analisis Kerusakan Jalan Menggunakan Metode PCI dan Metode Bina Marga (Studi Kasus Jalan Ahmad Yani Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro). Ge-STRAM: Jurnal Perencanaan Dan Rekayasa Sipil , 04(02), 104–111.

SKBI – 2.3.26. (1987). Petunjuk perencanaan tebal perkerasan lentur jalan raya dengan metode analisa komponen 1987. 73(02).

Tiara, M., Rochmanto, D., & Saputro, Y. A. (2022). Perencanaan Tebal Perkerasan Kaku Ruas Jalan Raya Jepara Bangsri pada KM 11 sampai KM 12 Menggunakan Pedoman Bina Marga 2017. Jurnal Civil Engineering Study, 02, 7–15.

Widodo, S. (2023). Analisis Kinerja Persimpang Tiga Ruas Jalan Sunan Kudus-Jalan Kyai Telingsing, Kabupaten Kudus. Jurnal Civil Engineering Study, 3(01), 51–60. https://doi.org/10.34001/ces.03012023.6

Published

2025-07-28