PERMAINAN KOTAK ALFABET DALAM MENINGKATKAN PENGENALAN HURUF

PERMAINAN KOTAK ALFABET DALAM MENINGKATKAN PENGENALAN HURUF

Authors

  • Ibrahim M. Jamil STKIP An-Nur Nanggroe Aceh Darussalam
  • Dewita Dewita STKIP An-Nur Nanggroe Aceh Darussalam

Keywords:

Permainan Kotak Alfabet; Meningkatkan; Pengenalan Huruf

Abstract

Kemampuan bahasa khususnya kemampuan mengenal huruf belum berkembang secara optimal, sebagian besar anak belum mengenal semua huruf-huruf. Beberapa anak terlihat bingung membedakan huruf tertentu dan terlihat sangat ragu untuk membentuknya menjadi kata tertentu. Untuk mendukung peningkatan kemampuan anak dalam mengenal huruf, guru dapat menggunakan media pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah dengan permainan kotak alfabet dapat meningkatkan  pengenalan huruf pada anak TK. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah permainan kotak alfabet dapat meningkatkan  pengenalan huruf pada anak TK. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif, jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan empat tahap yaitu: merencanakan (planning), melakukan tindakan (acting), mengamati (observing), dan merefleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara, dan teknik analisa data dengan persentase. Kemampuan mengenal huruf anak sebelum menggunakan permainan kotak alfabet pada ketiga indikator adalah menyebutkan huruf persentase yang dicapai adalah 36,67%, menunjukkan huruf persentase yang dicapai adalah 46,67% dan menghubungkan gambar dengan huruf persentase yang dicapai adalah 63,33%, ini berarti bila dikonversikan pada tabel persentasi berada pada skala < 54% dengan insterpretasi kurang sekali. Hasil siklus I mengalami peningkatan dibandingkan pra siklus, kemampuan mengenal huruf anak sesudah menggunakan permainan kotak alfabet mencapai 50,00%, menunjukkan huruf persentase 66,67% dan menghubungkan gambar dengan huruf persentase 60,00%. Kemampuan mengenal huruf anak siklus II sesudah menggunakan permainan kotak alfabet menyebutkan huruf persentase yang dicapai 83,00%, menunjukkan huruf 86,67% dan menghubungkan gambar dengan huruf 86,67%. Hasil rata-rata pencapaian persentase Siklus II sebesar 85%.

References

Andang Ismail. 2009. Education Games Menjadi Cerdas dan Ceria dengan. Permainan Edukatif. Yogyakarta : Pilar Media.

Aqib, Zainal. 2001. Pendidikan Karakter; Membangun Perilaku Positif Anak Bangsa. Bandung: Yrama Widya.

Alwi, Hasan. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Arifin, Muzayin. 2003. Filsafat Pemdidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Musfiroh, Takdiroatun. 2009. Menumbuh Kembangkan Baca Anak Usia Dini. Jakarta. PT. Grasindo.

Moeslichatoen R. 2004. Metode Pengajaran Di Taman Kanak – Kanak. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta.

Anggraini, Anggun. 2018. Bermain Kata, Melatih Perkembangan Bahasa Anak PAUD. Jakarta: Kemendikbud.

Khadijah. 2012. Konsep Dasar Pendidikan Prasekolah. Medan: Perdana Mulya Sarana.

Dardjowidjojo, Soenjono. 2003. Beberapa Aspek Linguistik Indonesia. Jakarta. Yayasan Obor Indonesia.

Dwijawiyata. 2013. Mari Bermain. Yogyakarta: Kanisius.

Fadlillah. M. 2017. Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Ihsan, Andi dan Hasmiyati. 2011. Manajemen Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Harun, Rasyid. 2009. Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Hurd, Daniel dan Jenuings, Erin. 2009. Standardized Educational Games Ratings: Suggested Criteria. Alih bahasa: Istiwidayati dan Soedjarwo. Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.

Hurlock, E.B. 2009. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih bahasa: Istiwidayati dan Soedjarwo. Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.

Hasnida. 2014. Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Luxima. Metro Media.

Hariyanto, Agus. 2009. Membuat Anak Cepat Pintar Membaca. Jogjakarta: Diva. Press.

Hasan, Maimunah. 2009. PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Jogjakarta: DIVA. Press.

Khadijah. 2016. Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan. IKAPI. Linda Asmara Dewi, Putu, I Wayan Sujana dan Made Putra. 2014. Penerapan Metode Bercakap-Cakap Berbantuan Media Kotak Alphabet Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Lisan Anak Kelompok B. e-Journal PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (Volume 2 No 1).

Masitoh. 2008. Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.

Moleong, Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Roesdakarya.

Musfiroh, Tadkiroatun. 2008. Cerdas Melalui Bermain. Jakarta: Grasindo.

Musbikin, Imam. 2010. Buku Pintar PAUD.dalam Perspektif Islami. Yogyakarta: Laksana.

Mulyasa, E. 2011. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Piaget, Mildred Parten, 2002. Tahapan Perkembangan Sosial Anak. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Tedjasaputra, Mayke S. 2012. Bermain, Mainan dan Permainan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Putra, Febriyanto Pratama. 2012. Pembuatan Game Animasi 3D Role Playing Game Untuk Pendidikan Budaya Dengan Unity 3D dan Bahasa Pemrograman C#.”. Skripsi. Surakarta: Fakultas Komunikasi dan Informatika Jurusan Teknik Informatika. Universitas Muhammadiyah Surakarta. h. 35.

Sudiyono, Anas. 2001. Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Seefeldt, Carol dan Barbara A.Wasik. 2008. Pendidikan Anak Usia Dini Menyiapkan Anak Usia Tiga, Empat dan Lima Tahun masuk sekolah. Jakarta: PT Indeks

Siregar, Rusti Alam. 2019. Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Menggunakan Media Kartu Kata di TK Negeri Pembina I Kota Jambi Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal. Jurnal PAUD Universitas Jambi. Literasiologi, Vol. 2 No.1 Januari-Juni 2019. h. 59-60.

Soefandi, Indra. 2009. Strategi Mengembangkan Potensi Kecerdasan Anak. Jakarta: Hak Cipta.

Sujiono, Yuliani N. 2004. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta : Universitas Terbuka.

Sugiyono. 2011. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Suyanto, Slamet. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Zahira, Zahra. 2019. Islamic Montessori. Jakarta: Anak Kita.

Zaman Badru, Asep Hery Hermawan, dan Cucu Eliyawati. 2007. Media dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2024-12-19
Loading...