PENGARUH PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) TERHADAP PENGEMBANGAN KARAKTER GOTONG ROYONG PADA SISWA SD NEGERI LAMLHEU KABUPATEN ACEH BESAR

Penguatan Projek Profil Pancasila (P5) terhadap Pengembangan Karakter Siswa SD

Authors

  • Mulia Rahmi Universitas Serambi Mekkah
  • Saudah Saudah Universitas Serambi Mekkah
  • Indah Suryawati Universitas Serambi Mekkah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) terhadap pengembangan karakter gotong royong siswa di kelas V SD Negeri Lamlheu, serta untuk mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan menghambat implementasinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pre-eksperimen desain one group pretest-posttest. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket, observasi, dan wawancara. Data dianalisis secara statistik menggunakan uji paired sample t-test serta analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan karakter gotong royong siswa setelah mengikuti kegiatan P5. Nilai rata-rata angket meningkat dari 84,54 (pretest) menjadi 93,00 (posttest), dengan hasil uji t menunjukkan t hitung 6,992 > t tabel 2,17881. Hasil observasi menunjukkan keterlibatan aktif siswa dalam kerja kelompok (persentase 90% dan 83%), sementara wawancara mengungkapkan bahwa guru, sekolah, dan orang tua memberikan dukungan yang kuat dalam pelaksanaan P5. Tidak ditemukan kendala berarti, namun pemahaman guru terhadap konsep P5 masih perlu ditingkatkan. Kesimpulannya, P5 memberikan pengaruh yang positif dalam membentuk karakter gotong royong siswa jika didukung pelaksanaan yang konsisten dan kolaboratif.

References

Arikunto, S. (2022). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik (Edisi ke-11). Rineka Cipta.

Handayani, S. (2022). Kolaborasi sekolah dan keluarga dalam pendidikan karakter berbasis P5. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1), 55-70.

Downloads

Published

2025-12-12