STRATEGI EFEKTIF DALAM PENGEMBANGAN PROFESI GURU SEKOLAH DASAR NEGERI 058108 PADAT KARYA

Authors

  • Aisah aisah Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Al Maksum

Keywords:

Gerakan Literasi Sekolah, Sustained Silent Reading, Membaca Pemahaman

Abstract

Pengembangan profesi guru merupakan salah satu aspek fundamental dalam meningkatkan mutu pendidikan, khususnya di tingkat sekolah dasar. Guru yang profesional dituntut untuk terus berkembang dalam aspek pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesionalisme. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya merancang strategi pengembangan profesi yang efektif dan sesuai dengan kebutuhan lokal, terutama di SD Negeri 058108 Padat Karya, Kecamatan Secanggang, Kabupaten Langkat. Permasalahan utama yang dikaji adalah bagaimana strategi pengembangan profesi diterapkan di sekolah tersebut dan sejauh mana efektivitasnya dalam meningkatkan kualitas guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi bentuk strategi yang digunakan, mengevaluasi efektivitasnya, serta menganalisis faktor pendukung dan penghambat pelaksanaannya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan survei terhadap seluruh guru sebagai responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pelatihan internal, keaktifan dalam Kelompok Kerja Guru (KKG), supervisi akademik oleh kepala sekolah, serta pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar (PMM) telah memberikan kontribusi nyata terhadap peningkatan kompetensi guru. Namun, tantangan berupa keterbatasan literasi digital dan akses pelatihan eksternal masih perlu ditangani secara sistemik. Penelitian ini merekomendasikan perlunya penguatan strategi berbasis sekolah dan dukungan berkelanjutan dari pemerintah daerah untuk pelatihan teknologi dan pendampingan profesional guru.

Kata Kunci: pengembangan profesi guru, strategi sekolah, pelatihan internal.

 

References

Arikunto, S. (2021). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1130583

Bass, B. M., & Avolio, B. J. (1994). Improving Organizational Effectiveness through Transformational Leadership. Sage Publications. https://us.sagepub.com/en-us/nam/improving-organizational-effectiveness-through-transformational-leadership/book4800

Day, C., & Sachs, J. (2004). International Handbook on the Continuing Professional Development of Teachers. Open University Press.

https://www.mheducation.com.au/international-handbook-on-the-continuing-professional-development-of-teachers-9780335210150-aus

Fullan, M. (2007). The New Meaning of Educational Change (4th ed.). Teachers College Press. https://www.tcpress.com/the-new-meaning-of-educational-change-9780807747650

Hasibuan, M. (2022). Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(1), 45–56.

https://ejurnal.stkipbbm.ac.id/index.php/JMP/article/view/554

Kemendikbudristek. (2022). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka.

https://kurikulum.kemdikbud.go.id

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2014). Analisis Data Kualitatif. UI Press.

https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1123030

Mishra, P., & Koehler, M. J. (2006). Technological Pedagogical Content Knowledge: A Framework for Teacher Knowledge. Teachers College Record, 108(6), 1017–1054. https://www.learntechlib.org/p/99246/

Moleong, L. J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Remaja Rosdakarya. https://library.um.ac.id/free-contents/index.php/buku/detail/1728

Nasution, S. (2021). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Tarsito.

https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1223047

Notoatmodjo, S. (2020). Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta.

https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1130605

Patton, M. Q. (2019). Qualitative Research & Evaluation Methods. Sage Publications. https://us.sagepub.com/en-us/nam/qualitative-research-evaluation-methods/book232962

Riyanto, Y. (2019). Paradigma Baru Pembelajaran. Prenadamedia.

https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1204598

Sanjaya, W. (2022). Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1215058

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Alfabeta.

https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1212333

Supriatna, N. (2021). Tantangan Profesionalisme Guru di Era Digital. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 26(2), 113–124.

https://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/view/1670

Susilo, H. (2023). Pengembangan Kompetensi Guru melalui Pelatihan Berbasis Sekolah. Jurnal Kependidikan, 9(1), 33–42.

https://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/view/49267

Suyanto, & Jihad, A. (2020). Menjadi Guru Profesional: Strategi Meningkatkan Kinerja Guru. Erlangga. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1215566

Yin, R. K. (2018). Studi Kasus: Desain dan Metode. Rajawali Pers.

https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1121158

Downloads

Published

2025-12-12