ANALISIS BUTIR SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) BAHASA INDONESIA KELAS VIII SMP NEGERI 18 BANDA ACEH 2023/2024

Authors

  • Salsa Nabila Azmi Pohan Departemen Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala
  • Nurrahmah Departemen Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala

Abstract

Analisis butir soal perlu dilakukan untuk menjamin suatu tes memiliki kualitas
yang baik. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kualitas tes dari soal
Penilaian Akhir Semester (PAS) Bahasa Indonesia kelas VIII SMP Negeri 18
Banda Aceh 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah 158 lembar hasil
jawaban peserta tes. Sampel dalam penelitian menggunakan random sampling
dengan jumlah 40 lembar hasil jawaban peserta tes. Pengumpulan data diambil
dengan menggunakan teknik dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan
tiga aspek batasan yaitu tingkat kesukaran, daya pembeda, dan efektivitas pengecoh
pada butir soal secara klasik. Hasil penelitian pada tingkat kesukaran butir soal
kategori sedang dengan persentase 47,5%, kategori mudah 45%, dan kategori sukar
7,5%. Pada daya pembeda butir soal kategori jelek dengan persentase 47,5%,
kategori sangat baik 7,5%, kategori baik 17,5%, kategori cukup 15%, dan kategori
negatif 12,5%. Efektivitas pengecoh tergolong berfungsi cukup efektif karena 60%
dengan persentase 32,5% berfungsi dengan baik dan 27,5% berfungsi cukup baik,
sedangkan 40% pengecoh tidak dapat berfungsi dengan baik dan perlu diganti atau
dibuang. Dapat disimpulkan bahwa, hasil analisis kualitas soal PAS yang dibuat
guru Bahasa Indonesia kelas VIII di SMP Negeri 18 Banda Aceh tahun pelajaran
2023/2024 telah memenuhi kriteria sebagai alat tes yang cukup baik.
Kata Kunci: Analisis Butir Soal, Kesukaran, Pembeda, Pengecoh.

References

Arikunto, S. (2018). Dasar-dasar

Evaluasi Pendidikan, Edisi 3

Cet.1. Jakarta: Bumi Aksara.

Djiwandono, S. (2008). Tes Bahasa:

Pegangan bagi Pengajar Bahasa.

PT. Macanan Jaya Cermelang.

Puspitaningsih, F., Febrianto, R., &

Putro, B. N. (2019). Evaluasi

Pembelajaran Sebuah Pengantar

Bagi Mahasiswa Calon Guru.

Trenggalek: Sembilan Mutiara

Publishing.

Sari, V. N. I., Utomo, A. P. Y., &

Sumarwati. (2022). Kualitas

Soal Bahasa Indonesia di SMP

Muhammadiyah 1 Pontianak:

Analisis Butir Soal. Universitas

Negeri Semarang.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Bandung: Afabeta.

Susetyo, Agus Milu. (2020). Analisis

Butir Soal Ujian Semester Kelas

VIII Mata Pelajaran Bahasa

Indonesia. Universitas

Muhammadiyah Jember.

Widodo, Hendro. (2021). Evaluasi

Pendidikan. Yogyakarta: UAD

PRESS.

Yusti, Ratni. (2022). Analisis Tingkat

Kesukaran, Daya Pembeda dan

Efektivitas Pengecoh Soal

Ulangan Bahasa Indonesia di

Sekolah Dasar. Universitas

Muhammadiyah Buton.

Yusrizal. (2015). Tanya Jawab

Seputaran Pengukuran,

Penilaian, dan Evaluasi

Pendidikan. Banda Aceh: Syiah

Kuala University Press.

Zahrah, Fatimatus. (2022). Evaluasi

Pembelajaran SD/MI. Kediri:

Kreator Cerdas Indonesia.

Downloads

Published

2025-08-20