ANALISIS BUTIR SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) BAHASA INDONESIA KELAS VIII SMP NEGERI 18 BANDA ACEH 2023/2024
Abstract
Analisis butir soal perlu dilakukan untuk menjamin suatu tes memiliki kualitas
yang baik. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kualitas tes dari soal
Penilaian Akhir Semester (PAS) Bahasa Indonesia kelas VIII SMP Negeri 18
Banda Aceh 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah 158 lembar hasil
jawaban peserta tes. Sampel dalam penelitian menggunakan random sampling
dengan jumlah 40 lembar hasil jawaban peserta tes. Pengumpulan data diambil
dengan menggunakan teknik dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan
tiga aspek batasan yaitu tingkat kesukaran, daya pembeda, dan efektivitas pengecoh
pada butir soal secara klasik. Hasil penelitian pada tingkat kesukaran butir soal
kategori sedang dengan persentase 47,5%, kategori mudah 45%, dan kategori sukar
7,5%. Pada daya pembeda butir soal kategori jelek dengan persentase 47,5%,
kategori sangat baik 7,5%, kategori baik 17,5%, kategori cukup 15%, dan kategori
negatif 12,5%. Efektivitas pengecoh tergolong berfungsi cukup efektif karena 60%
dengan persentase 32,5% berfungsi dengan baik dan 27,5% berfungsi cukup baik,
sedangkan 40% pengecoh tidak dapat berfungsi dengan baik dan perlu diganti atau
dibuang. Dapat disimpulkan bahwa, hasil analisis kualitas soal PAS yang dibuat
guru Bahasa Indonesia kelas VIII di SMP Negeri 18 Banda Aceh tahun pelajaran
2023/2024 telah memenuhi kriteria sebagai alat tes yang cukup baik.
Kata Kunci: Analisis Butir Soal, Kesukaran, Pembeda, Pengecoh.
References
Arikunto, S. (2018). Dasar-dasar
Evaluasi Pendidikan, Edisi 3
Cet.1. Jakarta: Bumi Aksara.
Djiwandono, S. (2008). Tes Bahasa:
Pegangan bagi Pengajar Bahasa.
PT. Macanan Jaya Cermelang.
Puspitaningsih, F., Febrianto, R., &
Putro, B. N. (2019). Evaluasi
Pembelajaran Sebuah Pengantar
Bagi Mahasiswa Calon Guru.
Trenggalek: Sembilan Mutiara
Publishing.
Sari, V. N. I., Utomo, A. P. Y., &
Sumarwati. (2022). Kualitas
Soal Bahasa Indonesia di SMP
Muhammadiyah 1 Pontianak:
Analisis Butir Soal. Universitas
Negeri Semarang.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Bandung: Afabeta.
Susetyo, Agus Milu. (2020). Analisis
Butir Soal Ujian Semester Kelas
VIII Mata Pelajaran Bahasa
Indonesia. Universitas
Muhammadiyah Jember.
Widodo, Hendro. (2021). Evaluasi
Pendidikan. Yogyakarta: UAD
PRESS.
Yusti, Ratni. (2022). Analisis Tingkat
Kesukaran, Daya Pembeda dan
Efektivitas Pengecoh Soal
Ulangan Bahasa Indonesia di
Sekolah Dasar. Universitas
Muhammadiyah Buton.
Yusrizal. (2015). Tanya Jawab
Seputaran Pengukuran,
Penilaian, dan Evaluasi
Pendidikan. Banda Aceh: Syiah
Kuala University Press.
Zahrah, Fatimatus. (2022). Evaluasi
Pembelajaran SD/MI. Kediri:
Kreator Cerdas Indonesia.


