PENGENALAN DASAR ILMU KOMPUTER PADA ANAK USIA DINI UNTUK MENINGKATKAN LOGIKA DAN KREATIVITAS

Authors

  • Ibrahim M. Jamil STKIP An-Nur Nanggroe Aceh Darussalam, Banda Aceh, Indonesia
  • Supiati Abdullah Kementerian Agama, Banda Aceh, Indonesia

Abstract

ABSTRAK
Ilmu komputer menjadi keterampilan penting seiring perkembangan teknologi,
sehingga pengenalan ilmu komputer sejak dini dapat membangun dasar yang kuat
bagi anak-anak. Artikel ini membahas strategi pengenalan ilmu komputer pada anak
usia dini melalui pendekatan bermain sambil belajar untuk menumbuhkan
keterampilan berpikir logis dan kreativitas. Metode yang diusulkan mencakup
permainan urutan (sequencing), pola, dan pemecahan masalah sederhana. Studi
literatur menunjukkan bahwa aktivitas ini berkontribusi pada peningkatan
kemampuan berpikir logis dan kreativitas, yang menjadi dasar bagi pembelajaran
ilmu komputer lebih lanjut. Selain itu, penelitian ini memberikan panduan bagi
pendidik dan orang tua dalam mengaplikasikan metode ini secara efektif. Dengan
pendekatan yang menyenangkan dan interaktif, anak-anak dapat memahami konsep
dasar ilmu komputer tanpa merasa terbebani. Implementasi yang tepat diharapkan
dapat membangun minat dan keterampilan anak sejak dini.
Kata Kunci: Ilmu Komputer, Anak Usia Dini, Berpikir Logis, Kreativitas, Bermain
Sambil Belajar.

References

Bers, M. U. (2018). Coding as a

Playground: Programming and

Computational Thinking in the

Early Childhood Classroom.

Routledge.

7

Clements, D. H., & Sarama, J. (2002).

Teaching math in the primary

grades. Early Childhood

Research Quarterly, 17(3), 371-

395.

Damayanti, L. (2017). Metode

permainan dalam pembelajaran

pola untuk anak usia dini. Jurnal

Pendidikan Anak, 5(1), 45-54.

Kurniawan, E. (2015).

Pengembangan kecakapan

digital pada anak usia dini. Jurnal

Pendidikan Teknologi dan

Kejuruan, 14(2), 110-119.

Marlina, M. (2013). Pendidikan anak

usia dini dalam mengembangkan

logika berpikir. Jurnal Psikologi

Anak, 3(1), 25-30.

Marion, M. (2007). Guidance of

Young Children. Prentice Hall.

Papert, S. (1980). Mindstorms:

Children, Computers, and

Powerful Ideas. Basic Books.

Piaget, J. (1952). The Origins of

Intelligence in Children.

International Universities Press.

Prabowo, R. (2019). Pengaruh

pemecahan masalah pada

kreativitas anak. Jurnal

Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1),

65-72.

Prasetya, Y. (2016). Logika

permainan pada anak TK sebagai

dasar ilmu komputer. Jurnal

Pendidikan Komputer, 2(2), 45-

Downloads

Published

2025-08-20