PENGENALAN DASAR ILMU KOMPUTER PADA ANAK USIA DINI UNTUK MENINGKATKAN LOGIKA DAN KREATIVITAS
Abstract
ABSTRAK
Ilmu komputer menjadi keterampilan penting seiring perkembangan teknologi,
sehingga pengenalan ilmu komputer sejak dini dapat membangun dasar yang kuat
bagi anak-anak. Artikel ini membahas strategi pengenalan ilmu komputer pada anak
usia dini melalui pendekatan bermain sambil belajar untuk menumbuhkan
keterampilan berpikir logis dan kreativitas. Metode yang diusulkan mencakup
permainan urutan (sequencing), pola, dan pemecahan masalah sederhana. Studi
literatur menunjukkan bahwa aktivitas ini berkontribusi pada peningkatan
kemampuan berpikir logis dan kreativitas, yang menjadi dasar bagi pembelajaran
ilmu komputer lebih lanjut. Selain itu, penelitian ini memberikan panduan bagi
pendidik dan orang tua dalam mengaplikasikan metode ini secara efektif. Dengan
pendekatan yang menyenangkan dan interaktif, anak-anak dapat memahami konsep
dasar ilmu komputer tanpa merasa terbebani. Implementasi yang tepat diharapkan
dapat membangun minat dan keterampilan anak sejak dini.
Kata Kunci: Ilmu Komputer, Anak Usia Dini, Berpikir Logis, Kreativitas, Bermain
Sambil Belajar.
References
Bers, M. U. (2018). Coding as a
Playground: Programming and
Computational Thinking in the
Early Childhood Classroom.
Routledge.
7
Clements, D. H., & Sarama, J. (2002).
Teaching math in the primary
grades. Early Childhood
Research Quarterly, 17(3), 371-
395.
Damayanti, L. (2017). Metode
permainan dalam pembelajaran
pola untuk anak usia dini. Jurnal
Pendidikan Anak, 5(1), 45-54.
Kurniawan, E. (2015).
Pengembangan kecakapan
digital pada anak usia dini. Jurnal
Pendidikan Teknologi dan
Kejuruan, 14(2), 110-119.
Marlina, M. (2013). Pendidikan anak
usia dini dalam mengembangkan
logika berpikir. Jurnal Psikologi
Anak, 3(1), 25-30.
Marion, M. (2007). Guidance of
Young Children. Prentice Hall.
Papert, S. (1980). Mindstorms:
Children, Computers, and
Powerful Ideas. Basic Books.
Piaget, J. (1952). The Origins of
Intelligence in Children.
International Universities Press.
Prabowo, R. (2019). Pengaruh
pemecahan masalah pada
kreativitas anak. Jurnal
Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1),
65-72.
Prasetya, Y. (2016). Logika
permainan pada anak TK sebagai
dasar ilmu komputer. Jurnal
Pendidikan Komputer, 2(2), 45-


