MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS MATERI KERAGAMAN BUDAYA DI INDONESIA MENGGUNAKAN PBL (PROJECT BASED LEARNING) PADA SISWA KELAS IV SDN 58 BANDA ACEH

Authors

  • Rifta Ulansari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Vivi Raida Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Ahmad Nasriadi Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Tria Marvida Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Bina Bangsa Getsempena

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA-S pada materi Keragaman Budaya di Indonesia melalui penerapan model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning, PBL) pada siswa kelas IV SDN 58 Banda Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus yang masing-masing terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 30 orang. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran serta hasil belajar mereka, baik secara kognitif maupun afektif. Rata-rata nilai tes hasil belajar pada siklus I mencapai 75%, dan meningkat menjadi 85% pada siklus II. Dengan demikian, penerapan PBL dapat dijadikan sebagai alternatif strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Keragaman Budaya di Indonesia. 

Kata kunci: Project Based Learning, keragaman budaya, IPA-S, siswa kelas IV.

 

References

Anis Rizqiyatul Mukarromah , Wiryanto, F. H. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPAS Materi Keragaman Budaya di Indonesia Menggunakan Project Based Learning Pada Siswa Kelas IV SDN Klampis Ngasem. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3, 5321–5331.

Daga, A. T., Magi, N., Djoru, I. R. A., & Bela, M. R. (2024). Perbedaan Hasil Belajar Menggunakan Model PBL dan PjBL Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 2393–2403. https://doi.org/10.31004/edukatif.

Fatimah. (2017). Meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan Metode Demonstrasi dikelas V SDN 10 Biau. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 1(4), 164–172. Retrieved from http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO

Guntoro, M., Kurniawan, Z., & Rosalina, M. (2022). Warisan Budaya dan Pengembangan Seni Kreatif. Barakuda 45, 4(2), 274–280.

Hanim, N. (2023). Penerapan Model Project Based Learning dengan Media Tiga Dimensi Terhadap Kreativitas Siswa pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas VIII di MTsN 3 Educator Development Journal. Retrieved from https://www.journal.ar- raniry.ac.id/index.php/edj/article/view/2142

Husain, S. N., Djirimu, M., & Suhendro. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA (Bagian-Bagian Tumbuhan ) Dengan Pemanfaatan Lingkungan Alam Sekitar Kelas IV SDK Padat Karya. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(5), 118–130.

Julaila, J. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 01 Mukomuko Menggunakan Media Torso. IJIS Edu: Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(1), 51. https://doi.org/10.29300/ijisedu.v1i1

Mihwatun, Hilyana, F. S., & Ermawati, D. (2024). Peningkatan Hasil Belajar IPAS Menggunakan Model Inkuiri Berbantuan Media Smart Box Kelas IV SD. Future Academia: The Journal of Multidisciplinary Research on Scientific and Advanced, 2(3), 307–314. https://doi.org/10.61579/future.v2i3.181

Muh Ali, A., Satriawati, S., & Nur, R. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Menggunakan Metode Eksperimen Kelas VI Sekolah Dasar. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(2), 114–121. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i2.150

Parapat, S. H., Caniago, I. W., Suryani, I., Ariani, H., Siregar, T. H., & Yusnaldi, E. (2024). Keberagaman Sosial dan Budaya di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 1255–1261.

Prastyani, O. D., Kurniawati, W., & Rigianti, H. A. (2023). Meningkatan keterampilan siswa dengan pembelajaran Project Based Learning pada pembelajaran IPAS materi kekayaan budaya Indonesia. Borobudur Educational Review, 3(2), 1–10. https://doi.org/10.31603/bedr.11479

Pratiwi, N. R., Mariati, P., & Achomadin, A. (2023). Peningkatan Hasil Belajar IPAS Materi Keragaman Budaya melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Peserta Didik Kelas IV UPT SDN 162 Gresik. National Converence For Ummah (NCU), 01(01), 160–165.

Rifa’i, S. A., & Utomo, A. C. (2024). Peningkatan Kreativitas Pada Siswa Kelas IV Menggunakan Model Project Based Learning SDN Trangsan

01. Jurnal Jendela Pendidikan, 4(02), 213–222. https://doi.org/10.57008/jjp.v4i02.748

Sari Hutami, S., Yayuk, E., & Bintari, Y. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Papan Keragaman Budaya Indonesia Terhadap Hasil Belajar Ipas Materi Keragaman Budaya Kelas Iv Sd Negeri Gabusbanaran Jombang. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 1804–1814. Retrieved from https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/8100

Suharnanik, L. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa (Pokok Bahasan Sistem Tata Surya) Melalui Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Kelas Vic Sdn Tanggul Wetan 02 Jember. Pancaran Pendidikan, 3(2), 175–184.

Welianto, A. (2021). Keberagaman Suku Bangsa di Indonesia.

Kompas.Com. 16-2- 2021, 1.

Downloads

Published

2025-08-18