TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK): KEMAMPUAN MAHASISWA CALON GURU PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS ABULYATAMA
Keywords:
Technological Pedagogical and Content Knowledge, Calon Guru, Pendidikan BiologiAbstract
Perkembangan teknologi semakin pesat menuntut calon guru untuk tidak hanya menguasai materi atau konten, akan tetapi juga harus mampu menguasai teknologi agar mempermudah dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan Technological Pedagigical and Content Knowledge (TPACK) mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Abulyatama. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sampel dalam penelitian ini yaitu mahasiswa Pendidikan Biologi berjumlah 51 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode survei, dengan instrumen penelitian kuesioner tertutup. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan TPACK mahasiswa calon guru Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Abulyatama sudah baik. Dari penelitian ini dapat disimpulkan mahasiswa sudah mampu mengintegrasikan teknologi ke dalam proses pembelajaran
References
Albina, M., Safi’I, A., Gunawan, M.A., Wibowo, M.T., Sitepu, N.A.S., & Ardiyanti, R. (2020). Model Pembelajaran di Abad ke 21. 16(4), 939-955.
Armiyati, L., & Fachrurozi, M.H. (2022). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Mahasiswa Calon Guru di Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia. 9(2), 164-176.
Arvianto, I.R & Ardhana, Y.M.K. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Upaya Menuju Era Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 93-102.
Durdu, L., & Dag, F. (2017). Pre-Service Teachers' TPACK Development and Conceptions through a TPACK-Based Course. Australian Journal of Teacher Education, 42(11), 150-171.
Nofiani, M., & Julianto, T. (2018). Efektivitas Pelaksanaan Program Magang Pembelajaran terhadap Kemampuan TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) Mahasiswa Calon Guru Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Proceeding Biology Education Conference, 15(1), 577-582.
Quddus, A. (2019). Implementasi Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dalam Pendidikan Profesi Guru (PPG) PAI LPTK UIN Mataram. Jurnal Tatsqif, 17(2), 213-230.
Rahmadi, I.F. (2019). Penguasaan Technological Pedagogical Content Knowledge Calon Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Civies: Media Kajian Kewarganegaraan, 16(2), 122-136.
Sa’adah, S., & Kariadinata, R. (2018). Profil Technological Pedagogical and Content Knowledge Mahasiswa Calon Guru Biologi. Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi, 8(2).
Salsabila, U.H., & Agustian, N. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran. Islamika: Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 123-133.
Farikah & Firdaus, M.M. (2020). Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK): The Student’ Perspective on Writing Class. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 3(2), 190-199.
Fitriyana, H., Setyosari, P., & Ulfa S. (2021). Analisis Kemampuan Technological Knowledge Calon Guru Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(4), 329-426.
Haka, N.B., Yohana, R., & Puspita, L. (2020). Technological Pedagogical Content Knowledge Mahasiswa Calon Guru Biologi dalam Menyusun Perangkat Evaluasi Pembelajaran. Jurnal Pendidikan IPA, 1(2), 73-88.
Haris, A. (2019). Hubungan Penguasaan Materi Mengajar Guru Dengan Prestasi Belajar Siswa di MTsN Kadur Kecamatan Kadur Kabupaten Pamekasan Tahun 2018. Jurnal Penelitian dan pemikiran Keislaman, 6(1), 40-50.
Malichatin, H. (2019). Analisis Kemampuan Profil Technological Pedagogical and Content Knowledge Mahasiswa Calon Guru Biologi Melalui Kegiatan Presentasi di Kelas. Journal of Biology Education, 2(2), 162-171.
Mishra, P., & Koehler, M.J. (2006). Technological Pedagogical Content Knowledge: A Framework For Teacher Knowledge. Teacher College Record, 108(6), 1017-1054.
Sholihah, M., Yuliati, L., & Wartono. (2016). Peranan TPACK Terhadap Kemampuan Menyusun Perangkat Pembelajaran Calon Guru Fisika dalam Pembelajaran Post-Pack. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pembangunan, 1(2), 144-153.
Siregar, A.J., Susanti, N., Ramadhoniarti, I., Komalasari, A.K., & Fatimah, G.R.N. (2022). Pengaruh Kecakapan TeknologiTerhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Kependidikan, 16(1), 29-39.
Suminar, D. (2019). Penerapan teknologi Sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Sosiologi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 774-783.
Sundari, H. (2015). Model-Model Pembelajaran dan Pemefolehan Bahasa Kedua/Asing. Jurnal Pujangga, 1(2), 106-117.
Tuerah, R.M.S. (2015). Penguasaan Materi Pembelajaran, Manajemen. Jurnal Inovasi dan teknologi Pembelajaran, 1(2), 137-154.