PENGGUNAAN CAMPUR KODE DAN ALIH KODE DALAM MEDIA SOSIAL: ANALISIS SOSIOLINGUISTIK PADA GENERASI Z DI INDONESIA
Keywords:
Sosiolinguistik, Campur Kode, Alih Kode, Media Sosial, Generasi ZAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk dan fungsi campur kode serta alih kode yang digunakan oleh generasi Z dalam media sosial sebagai wujud dinamika bahasa di era digital. Kajian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan memanfaatkan data tuturan dari unggahan dan komentar pengguna media sosial, yang dianalisis berdasarkan teori sosiolinguistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua bentuk utama campur kode yang ditemukan, yakni campur kode intra sentensial dan inter sentensial, serta dua bentuk alih kode, yaitu situasional dan metaforis. Campur kode banyak digunakan untuk memperkuat ekspresi, menampilkan identitas sosial, dan menyesuaikan gaya komunikasi dengan audiens, sedangkan alih kode muncul sebagai strategi komunikasi lintas konteks dan situasi. Fenomena ini menggambarkan bahwa generasi Z memanfaatkan variasi bahasa tidak hanya sebagai alat komunikasi, tetapi juga sebagai representasi identitas dan kreativitas linguistik di ruang digital. Temuan ini menegaskan bahwa media sosial berperan sebagai ruang evolusi bahasa yang mencerminkan perubahan sosial dan budaya masyarakat modern.
References
Aditiawarman, M., Dewirahmadanirwati, D., & Ulya, R. H. (2025). Sociolinguistic Insights Into Youth Language Phenomena: Patterns and Influences in South Jakarta Through the Lens of Berita Akhir Pekan Podcast. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 17(1), 707–719.
Ahmadi, Y., Yasmadi, Y., & Fitri, T. (2024). Sociolinguistics in The Digital Era: Minang Language as Cultural Identity. Leksika: Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pengajarannya, 18(2), 63–72.
Amelia, D., Putri, Y. R., & Daulay, I. S. (2024). Analisis Perkembangan Bahasa Indonesia di Era Digital: Tantangan dan Peluang. Fonologi: Jurnal Ilmuan Bahasa Dan Sastra Inggris, 2(4), 249–257.
Apyunita, D., & Asdah, A. N. (2025). Reperesentasi Bahasa Gaul pada Generasi Z di Media Sosial Instagram. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 5(2), 1080–1086.
Asdah, A. N., & Safitri, N. A. S. (2025). Praktik Campur Kode dalam Interaksi Digital Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Media Sosial: Kajian Sosiolinguistik. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 5(2), 906–918.
Azmi, M. U., Fatimah, A. B., Khomisah, K., & Salsabila, G. N. (2025). Code Shift in the Digital Communication of Generation Z in Indonesia. Educative: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(2), 65–68.
Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2016). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. Sage publications.
Dewi, A. C. (2025). Bahasa dalam Media Sosial: Kajian Linguistik Digital terhadap Gaya Bahasa Generasi Milenial dan Gen Z. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Cakrawala Pembelajaran, 1(1), 57–67.
Fidela, R., Asfar, D. A., & Syahrani, A. (2024). Tuturan Campur Kode Cinta Laura dan Maudy Ayunda dalam Podcast Bicara Cinta: Kajian Sosiolinguistik. IdeBahasa, 6(1), 10–32.
Holmes, J., & Wilson, N. (2022). An introduction to sociolinguistics. Routledge.
Husnita, S. R. I., Simarmata, Y. V. R., & Setijadi, N. N. (2025). Fusi Bahasa dan Identitas: Analisis Pemakaian Bahasa Inggris Campur dalam Komunikasi Generasi Z. Jurnal Humaniora: Jurnal Ilmu Sosial, Ekonomi Dan Hukum, 9(1), 352–365.
Jayaputri, H. E., & Aziz, M. F. (2024). Language Markers and Social Identity in Digital Communication Among Generation Z in Indonesia. Applied Linguistics: Innovative Approaches and Emerging Trends, 1(2), 131–154.
Kurniawati, D. (2025). Peluang dan Tantangan Ilmu Komunikasi di Era Industri dan Digital. Sleman: Galuh Patria.
Maharani, D., Simanjuntak, H. S., Cahyani, N., Hazizah, R., & Sari, Y. (2025). Makna dalam Era Digital: Kajian Semantik Terhadap Bahasa di Media Sosial Indonesia. Jejak Digital: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(4), 841–862.
Manihuruk, F. E., Alisya, J., Angka, F., & Lubis, F. (2023). Dinamika Perubahan Bahasa Indonesia di Era Digital. Prawara: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 140–147.
Manuhutu, M. A., Rahmadani, A. I., & Suardana, I. P. E. (2024). Language Contact Phenomena: A Case Study of Indonesian-English Code-Switching in Social Media Communication: Language Contact Phenomena: A Case Study of Indonesian-English Code-Switching in Social Media Communication. Focus Journal: Language Review, 2(2).
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2014). Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Methods. Arizona State University: Sage Publication.
Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Revisi). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mukhtar, A., & Fatima, T. (2024). Digital Communication and The Evolution of Language: A Sociolinguistic Analysis of Online Interactions. Migration Letters, 21(3), 1442–1452. www.migrationletters.com
Nisa, N., Nuryeti, R., Santoso, D. A., Putri, F. C., & Mukhlis, A. (2025). Fenomena Alih Kode dan Campur Kode dalam Video Podcast Deddy Corbuizer dan Agnez Monica: Kajian Sosiolinguistik. JBI: Jurnal Bahasa Indonesia, 3(1), 42–50.
Nugraheni, D. A. (2018). Code Switching and Code Mixing in Bilingual Communication: Language Deficiency or Creativity? In ELT in Asia in the Digital Era: Global Citizenship and Identity (pp. 417–424). Routledge.
Nurrahmah, N., Wirduna, W., Furqan, A., & Zulfadhli, Z. (2022). Gaya Bahasa Persuasif Selebgram Aceh. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 6(1), 235–241.
Sajiwo, A., & Dwi Agustini, V. (2025). Perubahan Pilihan Bahasa di Era Digital: Studi Sosiolinguistik pada Generasi Z.
Sawe, M. V. (2025). Digital Identity and Linguistic Play: A Study of Filipino Tiktok Slang among Generation Z. International Journal of Research and Innovation in Social Science, 9(2), 3054–3063.
Wardhaugh, R., & Fuller, J. M. (2021). An introduction to sociolinguistics. John Wiley & Sons.
Zebua, Y., Munthe, L., Manik, S., & Suprayetno, E. (2025). Code Mixing of Indonesian and English on Instagram Social Media. Journal of Applied Linguistics, 4(2), 292–301.


