ANALISIS KESIAPAN GURU SEKOLAH DASAR DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PEMBELAJARAN IPAS DALAM KERANGKA KURIKULUM MERDEKA: PERSPEKTIF TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TPACK)

ANALISIS KESIAPAN GURU SEKOLAH DASAR DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PEMBELAJARAN IPAS DALAM KERANGKA KURIKULUM MERDEKA: PERSPEKTIF TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TPACK)

Authors

  • Agung Setyawan PGSD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura, Grombongan,Indonesia
  • Meilina Nuril Maulida PGSD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura, Sumenep, Indonesia 3 PGSD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, U
  • Gisca Julya Hidayah PGSD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura, Jombang, Indonesia

Keywords:

Kurikulum merdeka, pembelajaran ipa, tpack

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat kesiapan guru SD khususnya kelas IV dalam melaksanakan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) berbasis Kurikulum Merdeka menggunakan kerangka kerja Pengetahuan Kandungan Pedagogis Teknologi (TPACK). Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan mengumpulkan data melalui wawancara mendalam, observasi kelas, dan dokumentasi alat pengajaran. Temuan tersebut menunjukkan bahwa guru telah menguasai aspek konten dan pedagogi dengan baik, namun pada aspek teknologi masih ada tantangan berupa kurangnya pelatihan dan fasilitas teknologi yang memadai. Diperlukan pelatihan intensif dan pengembangan infrastruktur agar integrasi TPACK dapat berjalan secara optimal, sehingga pembelajaran IPAS dapat lebih inovatif dan efektif sesuai dengan tuntutan Kurikulum Merdeka.

References

Adiyoso, W., & Rizki, A. (2025). Analisis kesiapan guru sekolah dasar dalam menerapkan teknologi digital di era Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Inovasi, 11(1), 55–68. https://doi.org/10.30870/jpti.v11i1.6142

Ardho, R. I., & Permana, M. R. (2025). Eksplorasi persepsi guru sekolah dasar tentang implementasi kecerdasan buatan dalam pembelajaran di kelas. Journal of Education for All, 32, 129–134. https://doi.org/10.61692/edufa.v3i2.323

Budiyono, S., Azhari, P., & Pamungkas, M. A. B. (2024). Problem penggunaan AI dalam bidang pendidikan. Al-DYAS, 32, 660–669. https://doi.org/10.58578/aldyas.v3i2.2935

Hikmawati, N., Imam Sufiyanto, M., & Jamilah, J. (2023). Konsep dan implementasi kecerdasan buatan artificial intelligence dalam manajemen kurikulum SD/MI. Abuya Jurnal Pendidikan Dasar, 11, 1–16. https://doi.org/10.52185/abuya.vol1iss1y2023278

Jewarut, S. (2024). Analisis Transformasi Mengajar Guru Sekolah Dasar Daerah Perbatasan Berbasis TPACK dalam Bingkai Kurikulum Merdeka. Jurnal Penelitian Pendidikan, 5(2). https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1102

Ramadhan, W. (2023). Evaluating the implementation of natural and social science learning (IPAS) in the independent primary school curriculum. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 8(1), 118–139. https://doi.org/10.22437/gentala.v8i1.24893

Rukmana, D., & Handayani, S. L. (2022). Improving the skills of prospective elementary teachers in designing earth and space science digital teaching materials: TPACK framework. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 8(2), 142–153. https://doi.org/10.21831/jipi.v8i2.45474

Downloads

Published

2025-12-15