THE EFFECT OF DHIKR THERAPY ON STRESS LEVELS OF BULLYING VICTIMS IN JUNIOR HIGH SCHOOL (SMP) TEENAGERS: QUASI-EXPERIMENT

PENGARUH TERAPI ZIKIR TERHADAP TINGKAT STRES KORBAN BULLYING PADA REMAJA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP): QUASI EXPERIMENT

Authors

  • Siti Nurafifah Qarimah Department of Psychiatry and Mental Health Nursing, Academy of Nursing Kesdam Iskandar Muda Banda Aceh, Banda Aceh, Indonesia
  • Mohd.Rizal Fahmi Adha Department of Psychiatry and Mental Health Nursing, University of Bina Bangsa Getsempena, Banda Aceh, Indonesia

Keywords:

Bullying, Stres, Terapi Zikir

Abstract

Bullying merupakan perilaku negatif yang dilakukan dengan sengaja oleh individu atau kelompok terhadap korban secara berulang-ulang. Tindakan ini dapat memberikan dampak buruk bagi korban, terutama dalam bentuk gangguan kesehatan mental dan psikososial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh terapi zikir terhadap tingkat stres korban bullying pada remaja sekolah menengah pertama. Penelitian ini menggunakan desain quasi experimental pre-post-test one group dengan variabel yang diukur adalah tingkat stres korban bullying pada remaja sekolah menengah pertama. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, dengan jumlah populasi 89 orang, sedangkan jumlah sampel yang digunakan berjumlah 10 responden. Tingkat stres diukur melalui Perceived Stress Scale (PSS-10) dengan diberikan zikir selama lima belas menit kepada responden. Zikir yang diberikan kepada responden dengan mengucapkan Tasbih (Subhanallah), Tahmid (Alhamdulillah), Tahlil (Laa ilaahaaillallah), dan Takbir (Allahuakbar) sebanyak 33x selama lima belas menit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 80% mengalami stres sedang dan 20% mengalami stres ringan sebelum dilakukan intervensi (zikir). Setelah dilakukan zikir, tingkat stresnya menjadi stres ringan sebanyak 100%. Penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh terapi zikir terhadap tingkat stres korban bullying pada remaja sekolah menengah pertama. Rekomendasi dari hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu intervensi mengurangi tingkat stres pada mahasisswa korban bullying.

References

Aini, D.F.N. Self Esteem pada Anak usia sekolah dasar untuk pencegahan kasus bullying. J Pemikiran dan Pengembangan. 2018;6(1):36–46

Agusti, D. Dampak Bullying terhadap Perilaku Siswa Studi di SMP Negeri 1 Muaro Jambi Kecamatan Jambi Luar kota kabupaten Muara Jambi. Skripsi; Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.2020

Alda. Pengaruh Terapi Dzikir terhadap tingkat stress korban bullying verbal pada remaja awal usia 12-16 tahun di SMPN 1 Karang Bintang Kabupaten Tanah Bumbu.Jurnal;Penelitian Keperawatan. 2023;Vol 9(1).

Cohen, S., Kamarck TDM. A Global Measure Of Perceived Stress. J Heal Behav. 1983;385–96.Bekker, J. G., Craig, I. K., & Pistorius, P. C. (2019). Modeling and Simulation of Arc Furnace Process. ISIJ International. Fridman, A. (2018). Plasma Chemistry. Cambridge: Cambridge University Press

Fadli. Pengaruh Terapi Dzikir terhadap Intensitas Nyeri pada Pasien Gastritis.Jurnal Stikes Muhammadiah Sidrap.2018.

Hidayati. Pengantar Terapi Religius Zikir terhadap peningkatan Kemampuan Mengontrol Halusinasi Pendengaran pada Pasien Halusinasi di RSJD DR. Amino Gondohutomo Semarang.Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan (JIKK).2014.

Noor. S. Pengaruh Terapi Dzikir terhadap Tingkat Kecemasan Pasien Pre Operasi Sectio Caesarea di RSUD DR.H.Moch. Ansari Soleh Banjarmasin. Dinamika Kesehatan Jurnal Kebidanan dan Keperawatan.2018;10(2).Yeci, Y., Afelya, T. I., Syahrul, S., Sjattar, E. L., & Harisa A. The effectiveness of guided imagery therapy in increasing sleep quality of congestive heart failure patients. Enferm Clin. 2021;31(5):S700–3.

Kumala. Terapi Dzikir untuk Meningkatkan ketenangan hati pada Penggunaan NAPZA.Jurnal Intervensi Psikologi.2019;11(1).

Pragholapati, A., Muliani, R. and Aryanti, F.L. Hubungan Bullying dengan Kemampuan Sosial pada Remaja di SMK X Kota Bandung. Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi,2020;9(1),pp.34-40

Putri S. Mengenang Bullying lebih dekat.Aceh Trend

Roeva, O. (2012). Real-World Applications of Genetic Algorithm. In International Conference on Chemical and Material Engineering (p Semarang, Indonesia: Department of Chemical Engineering, Diponegoro University

Soedjatmiko, S. Nurhamzah, W., Maureen, A., & Wiguna, I. Gambaran Bullying dan hubungan dengan masalah emosi dan perilaku pada anak sekolah dasar.SariPediatri.2016;15(3),174-180.

Vanderbit, D. & Augustyn, M. The effect of bullying. Paediatrics and child health.2010;20(7),315-320

Yana, D. Dahsyatnya Dzikir: Zikrul Hakim.2010

Zakiyah.E.Z. Faktor yang mempengaruhi remaja dalam melakukan bullying. Jurnal Prosiding penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.4(2),324-330

Zhao, R.B., & Chang, Students’ family support,peer Relationships, learning motivation and teachers' fairness have an influence on the victims of bullying in middle school in Hong Kong.International Jurnal of Education Methodology.2019;5(1),111

Downloads

Published

2025-04-23

How to Cite

Siti Nurafifah Qarimah, & Mohd.Rizal Fahmi Adha. (2025). THE EFFECT OF DHIKR THERAPY ON STRESS LEVELS OF BULLYING VICTIMS IN JUNIOR HIGH SCHOOL (SMP) TEENAGERS: QUASI-EXPERIMENT: PENGARUH TERAPI ZIKIR TERHADAP TINGKAT STRES KORBAN BULLYING PADA REMAJA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP): QUASI EXPERIMENT. Aceh Journal of Health Innovation, 1(2), 5. Retrieved from https://jurnal.lldikti13.id/index.php/ahohi/article/view/44